Masukkan iklan disini!

Meski Liburan, Mata Harus Tetap Sehat


Setiap orang pasti ingin memiliki mata yang sehat. Apalagi sudah memasuki masa liburan seperti ini, seringkali terlalu banyak bermain gadget membuat kita lupa menjaga kesehatan mata. Ditambah penggunaan make-up yang terlalu lama juga dapat memicu masalah kesehatan mata.
Orang dewasa yang berumur lebih dari 40 tahun pun disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti glaukoma dan katarak. Bagaimana dengan kamu? Sudahkah menjaga matamu selama ini?
Nah, tips-tips apa saja yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata kamu selama liburan? Kuy simak!

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dan E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 diduga dapat menangkal masalah mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula mata. Sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata.
2. Jangan Terlalu Lama Menatap Komputer dan Gadget
Menatap layar komputer dan gadget terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri leher, sakit  pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Dan jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.
3. Memakai Kacamata Hitam
Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu. Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat menyebabkan katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, dan bahkan kanker kelopak mata. Oleh karena itu, pakailah kacamata yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB atau memakai topi ketika berjalan-jalan di siang hari.
4. Tidak Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak,  degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menumbuhkan plak di aliran darah dan melemahkan arteri hingga menimbulkan risiko serangan jantung.
5. Membuang Make-up Lama
Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah pada area mata. Buang dan ganti makeup Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan make-up dari dan kepada orang lain. Serta pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai make-up. Jika mengalami infeksi pada mata ketika mengenakan make-up, hapus riasan dan segera temui dokter.
6. Rajin Olahraga
Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga mungkin dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. (Intan Permatasari)

Sumber: doktersehat.com

No comments