Masukkan iklan disini!

HARI PERTAMA PENDIRIAN HUTARA SE CIANJUR



(Sumber: Foto pribadi)


Hari ini sangat menyenangkan karena pagi sudah kerja keras dan bisa kirim rakitan huntara ke Tunggilis Selatan. Sementara di workshop kerja kerja pagi dan masyarakat Tunggilis Selatan datang jam 9 membawa rakitan huntara. Setelah makan siang, kami ke sama. Tepat jam 1 siang kami memulai dan benar 10 menit kemudian dinding sudah terpasang, 15 menit pertama sudah selesai. Bila pasang atap plastik, maka ini cuma butuh 5 menit.

Harapan kami ini bisa buat dalam 30 menit karena dengan atap dari spandex. Maka butuh waktu lebih lama. Ternyata waktu molor kelewatan, karena lokasi becek sehingga pasang tangga saja susah. Belum lagi lagi tuan rumah “mengganggu” memberi minum, gorengan, mi instan rebus sehingga kita terpotong potong untuk menyantap hal yang tidak kita perlukan karena belum lapar, hingga saya marah ketika mau diberi lagi pisang goreng. Saya menjawab keras "Ibu kalau mau beri kami nanti setelah selesai, ini kami terganggu jadi lama" jawabanku setengah marah. Bener juga, karena terpotong waktu waktu, maka datang hujan deras menunda lagi.

Maka ketika hujan itu baru saya silakan tim untuk makan, belum selesai hujan tetapi sudah reda, saya minta tim untuk selesaikan topi konsul rumah dan cepat selesai. setelah itu kami ditawari makan, aku makan, tetapi ternyata tim menolak karena sudah pada kenyang. Benar, baru jam 4 baru selesai 3 jam!! Memang tidak buruk tetapi tidak seperti harapan. Ada gangguan seperti mor tertinggal, dll. akhirnya kami puas dan sedikit serah terima langsung pada warga. Warga spontan menambah apa yang mereka rasa kurang dengan tambahan tiang penguat. Aku welcome saja. Over all, kita selesaikan dan bangga mendirikan huntara pertama di Cianjur. semoga makin banyak huntara terpasang. Terima kasih sahabat yang dukung sehingga kami bisa bangun huntara. Makin banyak huntara dibangun makin baik untuk saudara kita terutama bayi dan ibu ibunya.

Air minum. Hari ini ada kiriman galon lagi yang tambahan dari PDUI dan IKA UNDIP. Orang kirim Ketika saya masih di huntara. Ditengah sibuk huntara, saya minta seseorang mengatar saya ke base karena kuatir orang pengantar galon kelamaan. Bener juga, Ketika datang, gallon yang sudah diturunkan diambil lagi karena masih kurang 1 jutaan. Order saya hampir 12 jutaan. Mungkin pedagang pengalaman urusan dengan panitia ada hok seperti saya memang harus gitu, ada uang ada barang. Untung sebelum dia cabut saya datang dan lunasi. Ironisnya, teman teman Rotary beri saya separuh dulu dan nanti setelah selesi separuh. Sialan. Saya bukan pedagang, saya rotarian tetapi keji bener orang orang itu. Mereka tidak buang uang rasanya tak percaya pada saya yang buang uang dan ilmu tenaga waktu. Mereka datang spt turis saja tetapi merasa lebih berharga karena dari kota. Maka ketika Rotary 3410 gubernur ingin menambah galon, saya bilang, silakan asal dikirim semua lunas di depan atau bapak beli sendiri kirim sendiri, pasang sendiri dan saya tunjuk saja.

Sanitasi jamban kita sudah siapkan prototype jamban semoga besok bisa dipasang. Sedih melihat pengungsi BAB di selokan dan selokan juga dipakai mencuci sayur segar ala sunda. Jadi nggak nafsu sekarang lihat makanan lalapan segar. Kecuali bila dicuci lagi dengan air ozon atau sabun khusus untuk makanan.



SALAM SEHAT MARI NIKMATI BERBAGI, KEINDAHAN HAKIKI.

LAPORAN HARI KE 5 CIANJUR, MINGGU 27 NOVEMBER 2022

No comments