Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

PESONA PANTAI GUNUNGKIDUL


Gunungkidul pasti sudah tak asing lagi bagi sebagian Readers. Yup! Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi D.I Yogyakarta. Tempat ini mulai terkenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu destinasi wisata yang recommended di Jogja. Ada banyak destinasi wisata yang bisa ditemukan di Gunungkidul, salah satunya adalah pantai. Ada lebih dari 10 pantai berbaris indah menghiasi wilayah gunungkidul yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Beberapa diantaranya adalah :


      1. Pantai Nguluran



Sumber : google
Pantai ini sedang hype dikalangan masyarakat karena tempatnya yang unik dan instagramable. Disini, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan laut lepas diatas teras kaca transparan yang menjorok ke laut. Tidak hanya teras kaca transparan yang menjorok ke laut saja, Anda juga akan diberi beberapa pilihan spot foto seperti becak melayang dan semacam kursi melayang. Nampaknya Anda harus mempersiapkan cukup adrenalin untuk mencoba beberapa spot foto yang disediakan. Eitss, tidak perlu takut, semuanya dijamin aman kok!

1     2. Pantai Kukup


Sumber : google


Pantai yang merupakan salah satu pantai terpoluler di Yogyakarta ini disebut-sebut sebagai Tanah Lot versi Jogja. Hal ini dikarenakan di sebelah kiri pintu masuk  terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Jumino. Dipulai tersebut dibangun semacam gardu pandang yang bisa digunakan para wisatawan untuk melihat laut lepas. Untuk mencapainya, wisatawan perlu melewati jembatan penghubung diantara kedua pulau. Namun, jangan khawatir, jembatannya aman dan kokoh.
Tak jauh dari bibir pantai, terdapat gugusan terumbu karang yang melindungi pantai dari terpaan ombak besar. Gugusan karang ini berfungsi memecah ombak dari tengah laut sehingga perairan yang ada di bibir pantai menjadi tenang dan jernih. Di sela-sela karang, Anda juga bisa menemukan beberapa biota laut seperti ikan-ikan cantik dan beberapa jenis rumput laut. Namun, perlu Anda perlu berhati-hati terhadap bulu babi maupun goresan karang saat bersentuhan atau meninjaknya.

       3. Pantai Timang


Sumber : google

Bagi Readers yang menyukai hal-hal ekstrem dan memacu adrenalin mungkin pantai ini akan menjadi pilihan. Pasalnya, pantai ini menawarkan sensasi menyeberang pulau dengan kereta gantung kayu kecil dengan pemandangan ombak lautan yang menghantam karang dibawahnya. Dahulu, kereta gantung kayu ini digunakan nelayan lobster untuk menyeberang ke pulau kecil bernama Pulau Watu Panjang dan untuk mengangkut lobster hasil tangkapan. Tertantang mencobanya?

          4. Pantai Wedi Ombo


Sumber : google

Seperti namanya, pantai ini terdiri dari hamparan pasir putih yang cukup luas (wedi=pasir, ombo=luas). Pantai ini cocok untuk readers yang ingin bersantai dipantai namun tidak suka dengan ombak yang kencang. Banyak gugusan karang tersebar disepanjang pantai yang membentuk semacam “kolam” alami bagi readers yang ingin berendam di air laut. Jadi bisa santai deh!

Empat pantai diatas merupakan contoh pantai populer di Gunungkidul. Jika Readers berkesempatan mengunjungi Gunungkidul, tak  ada salahnya mengunjungi salah satu pantai diatas. Mari kembangkan potensi pariwisata di Indonesia, karena sungguh pariwisata di Indonesia tak kalah dengan mancanegara. (Vika C)




No comments