Sehatkah Berita yang Kamu Baca Untuk Kesehatan Mentalmu?

(sumber : google)

        Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar atau dapat mengatasi tekanan hidup secara normal untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Sedangkan gangguan mental atau gangguan jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. 

        Di Indonesia kesehatan mental kurang diperhatikan. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena kesehatan mental bukan penyakit yang dapat dilihat secara fisik, sehigga mengakibatkan masyarakat tidak menganggap penting hal tersebut. 

        Gangguan mental juga bisa terjadi karena seringnya menerima berita hoax lho, jadi sudah sehatkah berita yang kamu baca untuk mentalmu? 

        Post Traumatic Stress Syndrome (PTSD) atau gangguan stress pasca trauma adalah dimana kondisi jiwa seseorang terganggu pasca mengalami, mendengar atau menyaksikan peristiwa tidak menyenangkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini juga dapat terjadi kepada seseorang menerima atau menjadi korban dari berita hoax. Meski demikian, Jangan kemudian melakukan selfi-diagnosis bahwa orang yang mengalami goncangan mental karena menerima atau menjadi korban dari berita hoax adalah langsung menjadi penderita PTSD ya. Tentu untuk men-diagnosis hanya dapat dilakukan oleh yang ahli dibidangnya. 

        Orang-orang yang menerima atau bahkan menjadi korban dari berita hoax tentu akan memiliki respon tersendiri dalam menyikapinya, tak jarang orang tersebut akan menjadikannya beban, sehingga menimbulkan pikiranpikiran berlebihan yang berorientasi kearah negatif. Membuatnya stress dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan, seperti; self-harm, bunuh diri atau bahkan membunuh orang lain. 

        Semakin majunya teknologi membuat informasi dapat tersebar secara cepat, padahal tidak semua informasi dapat dipercaya kebenarannya. Lalu bagaimana jika kamu sebagai pembaca atau penerima informasi dan menjadi terganggu atas informasi yang kamu dapat? bisa saja menjadi cemas yang berlebihan, tertekan, stress, overthinking, bahkan merasa terpukul bukan?

        Stress termasuk gangguan kesehatan mental lho, Stres adalah respon tubuh yang muncul ketika seseorang merassakan suatu ancaman, tekanan dan juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, marah, atau terlalu bersemangat. 

        Kecemasan atau anxiety yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan mental, biasanya orang yang cemas akan merasa gugup bahkan gelisah karena situasi tertentu yang dialaminya. Nah, sudah kenal sedikit-sedikit tentang kesehatan mentalkan? Semoga kita semua menjadi orang peduli terhadap kesehatan mental diri sendiri dan orang lain ya, karena bisa jadi pedulimu menjadikan orang lain merasa aman dan dimenggerti. dan menjadikannya alasan untuk melanjutkan hidup mereka (Chusnul Maab, Universitas Diponegoro)

No comments